Rehab Balai Desa dimulai dengan kerja bakti oleh warga masyarakat Sempor Lor pada hari Ahad, 04 Agustus 2019 Jam 07.00 WIB. Dalam sambutannya Sulistyo Hartanto selaku Kepala Desa mengucapkan “Terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Sempor Lor secara umum dan khususnya kepada Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Masyarakat dan Tokoh-tokoh Agama yang ikut bersemangat menyengkuyung kegiatan Rehab Balai Desa milik kita bersama. Semoga dalam pelaksanaan Rehab Balai Desa ini Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberkahi kita semua. Kami selaku pemerintah Desa Sempor Lor mengharap dengan hormat khususnya kepada semua Panitia Rehab untuk bekerja dengan maksimal demi kelancaran, keamanan, keterbukaan serta transparan dalam semua hal, sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan tidak akan terjadi”.

adapun sambutan dari Yusuf selaku sesepuh dan pelaku sejarah menyampaikan ” mengingatkan kembali pemerintah desa terdahulu sewaktu pertama membangun balai desa ini dengan susah payah dan penuh keprihatinan mengingat kondisi masyarakat waktu itu untuk makan sehari-hari saja sulit, mata pencaharian warga masyarakat sangat minim untuk pangan, sandang, pangan dan papan belum bisa terpenuhi secara layak. Tapi dengan semangat, kebersamaan, dan penuh keyakinan serta dengan tekad desa Sempor Lor yang ingin mempunyai balai pertemuan dan sebagai pusat pemerintahan, maka R Soemarto selaku Kepala Desa waktu itu bermusyawarah dengan seluruh lapisan masyarakat untuk membangun Gedung Balai Desa. Dahulu balai pertemuan itu masih di rumah Kepala Desa. Alhamdulillah dengan adanya kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa dan warga masyarakat bisa dibangun Gedung Balai Desa, itupun pembangunannya secara bertahap diawali dengan pemasangan fondasi, setelah fondasi selesai untuk tahap selanjutnya menunggu berbulan-bulan mengingat dana belum mencukupi. Warga masyarakat kala itu dengan antusias dan semangat gotong royong mengumpulkan batu dan pasir di sungai klawing kemudian membawanya ke lokasi balaidesa. Anak-anak SD Negeri Sempor pun dikerahkan untuk ikut kerja bakti membawa batu dan pasir dengan bakul, itulah sekelumit kesan kami selaku warga sempor lor.

Perlu kami tegaskan bahwa sewaktu R. Soemarto menjabat menjadi Kepala Desa Sempor Lor banyak prestasi yang beliau peroleh diantaranya piagam-piagam penghargaan sebagai Kepala Desa yang diberikan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Sehingga pejabat-pejabat Pemerintah Pusat / Pemerintah Daerah berkeinginan melihat secara lebih dekat Desa Sempor Lor. Perlu diketahui bahwa pejabat yang pernah berkunjung ke Desa Sempor Lor dalam kegiatan kunjungan kerja meliputi Menteri Kesehatan, Menteri Pertanian, Bapak Suparjo Rustam selaku Gubernur Jawa tengah, dan Bapak Guntur Daryono selaku Bupati Purbalingga. Akhirnya dengan semangat dan keyakinan yang kuat terbangunlah Gedung Balai Desa yang megah kala itu sebagai pusat pemerintahan. Demikianlah kata sambutan dari Bapak Yusuf selaku sesepuh dan pelaku sejarah”.

Acara berakhir dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Hj. Ahmadi, S.Ag selaku BPD Desa Sempor Lor, kita berharap semoga rehab Balaidesa Sempor Lor cepat terlaksana sampai selesai dan tidak ada kendala apapun. Amiinn ya Robal’alamin. Sempor Lor (7/8),

Admin Santosa, Ela & Lulu KKN PAR Kel. 3 IAIN PWT.