Sempor Lor – Pada hari ini Senin tanggal 24 Juni 2019 telah dilaksanakan Launching Pelayanan Prima Desa Berbasis Teknologi Informasi (YANI DESTI) bertempat di Gedung Posyandu Desa Sempor Lor. Acara dihadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Kaligondang, Kepada Desa dan Sekdes se-Kecamatan Kaligondang, serta undangan lainnya. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Seksi Aplikasi dan Infrastruktur TIK Dinkominfo, Baryati, S.Kom menyampaikan bahwa rintisan desa berbasis TI syaratnya ada 3 yaitu : Siskeudes, SID dan Website Desa.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pengembangan SID. Wilayah Kaligondang ada 14 desa yang sudah mempunyai website desa yang berarti bisa 14 desa tersebut bisa melaksanakan SID. Aplikasi SID dikembangkan oleh pihak ketiga, dalam pelaksanaan tentu kita kadang menemui format yang berbeda dengan format yang biasa dipakai. Aplikasi SID juga memungkinkan menambah format surat. “Kedepan setelah launching dapat memberikan manfaat untuk lebih cepat dalam pelayanan kepada masyarakat. Selanjutnya kepada desa-desa yang lain yang mau menerapkan SID silahkan datang ke Dinkominfo” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Kaligondang, Suminto, S.Pd, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan Pelayanan Prima Desa berbasis TI adalah program yang sangat bagus, semuanya mendukung agar maksimal, efektif dan cepat bersama bersinergi. (GI)