Home / Potensi & Produk / Waktunya Memetik Jamur Tiram

Waktunya Memetik Jamur Tiram

DSCF3038

Diantara banyak jenis jamur yang dapat dikonsumsi, jenis jamur tiram lah yang banyak diminati masyarakat kita. Dengan tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi jamur tiram menyebabkan kebutuhan akan jamur tiram menjadi meningkat. Maka tidak heran apabila banyak orang yang melirik cara budidaya jamur tiram, dengan tujuan untuk membudidayakannya (home industry). Salah satunya adalah Kelompok Budidaya Jamur Tiram “Mekar Harapan” Desa Sempor Lor Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Kelompok yang beranggotakan 10 orang ini, sebelumnya mereka telah mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram yang diadakan oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa Tahun 2015. Setiap hari bisa menghasilkan 200 baglog. Baglog adalah  media tanam yang telah difermentasi dimasukkan ke dalam kantong plastic jenis polipropilen kemudian dipadatkan hingga berbentuk seperti botol. Pada bagian atas plastic (leher kantong plastic) dipasang ring, disumbat menggunakan kapas, dan dipasang penutup baglog agar air tidak masuk ke dalam kantong pada saat pengukuran. Setelah baglog siap, proses sterilisasi dapat dilakukan, yakni dengan cara mengukusnya.

DSCF2797Baglog yang telah disterilisasi dipindahkan ke tempat inokulasi dan didiamkan selama 24 jam untuk mengembalikannya ke suhu normal. Bila baglog yang telah dipindahkan ke rumah kumbung telah dipenuhi misellium, maka dilakukan pelubangan pada ujung baglog. Lubang tersebut nantinya akan menjadi tempat pertumbuhan tubuh buah jamur tiram.
DSCF2798Salah satu anggota Kelompok Mekar Harapan, Ibu Sri Iriani mengatakan, “Dari penempatan baglog ke rumah kumbung kurang lebih 6 minggu hingga tumbuh buah jamur yang kita petik sekarang, dan buah jamur yang tumbuh pertama kali bisa mencapai 2 ons”. Untuk pemasaran jamur tiram biasanya dijual kepada masyarakat sekitar yang sudah memesan jauh-jauh hari atau dibawa ke pasar terdekat. (GI)

About admindesa

Check Also

Training of Trainer Penggiat Anti Narkoba Di Lingkungan Organisasi Masyarakat

  Purbalingga-Narkoba bukan istilah asing lagi buat masyarakat. Pengetahuan dan informasi yang benar tentang narkoba …

One comment

  1. mungkin bs dikembangkan jd rumah jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *